Wednesday 30 January 2013

EVENT LACTAMIL MAMA CARE



Event yang digelar tanggal 22 Desember 2012 di Prive Club, Fx Sudirman Lt.8 pukul 9-siang lalu nampak berjalan dengan seru dan  lancar. Peserta yang hadir membludak sampai-sampai ketika aku datang agak kebingungan cari posisi. Untungnya panitia langsung memberi tempat duduk untuk aku dan suami. Kebetulan, acara kali ini aku memang sengaja mengajak suami ikut masuk mendengarkan pembahasan materi. Mengapa? Karena materi kali ini menyuguhkan informasi penting seputar investasi mama untuk buah hati mulai dari proses pembentukan janin, segala virus dan kelainan yang diderita ibu dan janin, serta yang tak kalah penting yaitu investasi dana pendidikan. 

Acara yang dikhususkan untuk merayakan hari Ibu ini terbilang sukses dan menyenangkan. Sayangnya, si kecil kali ini tidak diajak. Padahal ketika di lokasi, banyak anak kecil yang turut meramaikan suasana. Bahkan, sang MC, artis sekaligus Puteri pariwisata di ajang puteri Indonesia tahun 2004, Nadia Mulya juga tidak ketinggalan membawa kedua buah hatinya yang cantik-cantik.

Nadia Mulya dan kedua buah hatinya

Saat pertama keluar dari lift di lantai 8, sebelum memasuki ruangan event, aku dan suami registrasi terlebih dahulu, agak sedikit bingung, kok nampak sepi sekali dari luar. Sedikit parno, jangan-jangan salah tempat?! Begitu kami dipersilakan masuk, ada sang fotografer yang meminta kami untuk berpose sebentar sebagai kenang-kenangan. Yang menyenangkannya, hasil cetakan foto tersebut bisa kami bawa pulang. 

Ini hasil fotonya, lho...

Setelah berpose sejenak, kami menuju ke tengah ruangan. Alamak! Ramai kali! Saking penuhnya sampai-sampai kami tak kebagian tempat duduk seperti yang aku kisahkan diawal. Memang akibat kesalahan sendiri karena datang terlambat. Hehehe...

Ternyata ajang sharing sudah berjalan. Tapi lumayan lha, masih bisa menimba ilmu dari sang dokter ahli.
Menurut salah satu tim ahli Lactamil, perkembangan anak dimulai pada 36 minggu pertama kehamilan. Untuk itu, dibutuhkan ilmu dan pengetahuan bagi calon orangtua dalam mempersiapkan generasi yang sehat.

Sebagai seorang calon ibu, ada beberapa penyakit/virus yang sering terjadi saat kehamilan dan berdampak pada janin, yaitu : 

Toxoplasma, terjadi karena parasit dari hewan yang berasal dari kucing, anjing, daging yang dimasak tidak matang yang menyebabkan kiste.

Rubella,  virus yang dapat menyebabkan tuna rungu. Untuk mengetahuinya hanya dpt diketahui melalui tes darah. kelainan yg disebabkan pada janin yg terkena rubella di usia 0-8 minggu menyebabkan keguguran. 

Anemia, terjadi karena kurangnya sel darah merah pada tubuh dimana jumlah eritrosit dibawah normal yaitu kurang dari 4,15 juta/mm3 serta Hb dibawah normal (untuk pria <13g/dL, untuk wanita <12g/dL). Anemia juga dapat diartikan karena kurangnya oksigen saat terjadi transport oksigen ke seluruh tubuh subnormal. Anemia disebabkan karena kadar Fe yang rendah, terhambatnya produksi eritropoietin oleh sistem imun, kerusakan pada sumsum tulang, dsb. 



Anemia yang terjadi pada anak kecil disebabkan karena anak lahir prematur, dan kurangnya asupan susu formula yang tidak mengandung zat besi. Bisa juga disebabkan karena kurangnya mengkonsumsi makanan yang mengandung Fe serta anak-anak yang vegetarian.
Sementara pada wanita produktif, Anemia terjadi ketika mengalami masa menstruasi hebat yang lebih dari 5 hari, pendarahan uterine abnormal, serta pada saat hamil maupun melahirkan.

Gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini :
- Pucat, yang dapat terlihat pada kuku, telapak tangan dan wajah.
- Lemah, letih, lesu
- Mudah sakit kepala dan pusing
- Sesak nafas jika melakukan aktifitas fisik
- Mengalami gangguan mood, sering bingung



Itu sebabnya, dibutuhkan asam folat untuk menanggulangi penyakit ini. Karena asam folat berfungsi untuk :
- Mencegah anemia
- Pembentukan dan maintenance sel baru
- Pembentukan sel pada kehamilan
- Pembentukan DNA dan RNA
- Mencegah Neural Tube Defect




Selesai sharing seputar kehamilan dan janin, disusul dengan share tentang investasi pendidikan anak. Dari hasil sharing, diperoleh ilmu bahwa ternyata data inflasi pendidikan mengalami kenaikan 20% setiap tahunnya. Wuih, tinggi juga ya! Itu sebabnya, sebagai orangtua yang masih memiliki anak balita, sudah harus memikirkan dana pendidikan anak sejak dini untuk pendidikan si buah hati kelak hingga bangku kuliah.

Bagaimana agar orangtua dapat menyiapkan dana pendidikan dengan tepat? Dengan mengikuti asuransi pendidikan, dirasa mampu membantu para orangtua dalam menyiapkan dana ini. Persyaratan yang mudah serta cicilan yang terjangkau membuat para orangtua mulai beralih mengikuti program ini ketimbang dengan menabung di bank seperti menabung biasa atau berinvestasi.


Adapun produk-produk persiapan pendidikan, yaitu :
  • Tabungan pendidikan, kelebihan produk ini ialah memiliki jangka waktu, teratur, disiplin dan ada jaminan hasil. Sementara kekurangannya yaitu tidak cocok untuk jangka panjang.
  • Asuransi pendidikan. Kelebihannya mendapat benefit tambahan asuransi, serta adanya jaminan hasil. Sementara kekurangannya nilai tunai yang dijamin tidak sesuai dengan tujuan.
  • Reksadana. Kelebihannya bisa mengalahkan inflasi, dan cocok untuk segala jangka waktu. Namun kekurangannya ialah tidak adanya jaminan hasil.    

Dari hasil survey dikatakan bahwa, 17 tahun kemudian biaya pendidikan anak untuk tingkat perguruan tinggi bisa mencapai sekitar 645juta. Dengan dana sebesar itu, kita sebagai orangtua dituntut untuk menyisihkan dana 2,6juta/bulan. Tapi jika mengikuti program asuransi pendidikan, orangtua hanya dikenai biaya perbulan sebesar 203 ribu rupiah saja. Nah, pilih mana hayo?

Selepas materi financial dengan pemateri mbak Fitri, acara pun selesai. Dilanjut makan siang dengan menu ala resto. Suasana yang benar-benar menyenangkan. Setelah selesai, aku dan suami menyempatkan berfoto-foto dahulu di depan Prive Cafe.



 Foto koleksi pribadi, view diambil dari luar gedung Prive lt.8


 Foto koleksi pribadi


 Foto Koleksi pribadi

Tempatnya menyenangkan dan begitu tenang. Suasana yang ditawarkan membuat betah untuk berlama-lama.  Sayangnya, aku dan suami sudah harus pulang karena takut meninggalkan si kecil terlalu lama di rumah hanya ditemani mamaku. Ohya, dari event tersebut, aku mendapatkan goodybag menarik sebagai kado istimewa dari Lactamil untuk para bunda di hari ibu ini. 

Goodybag menarik yang didapat



No comments:

Post a Comment

BESTIE

Dari sekian banyak teman yang saya miliki, mungkin hanya satu sosok manusia ini nih yang paling nge-klik. Sebab, cuma dia yang berani bicara...