Tuesday 8 January 2013

Nikmatnya Minum Kelapa Hijau Segaaaarrrr...


Aku dan Anakku, Aira (21 bulan) termasuk kelompok penggila kelapa hijau. Sejak kecil hingga sekarang, Aku selalu menyempatkan waktu untuk menikmati hidangan segar ini setiap hari. Rasanya ada yang kurang bila dalam waktu relatif lama tidak mengkonsumsinya. Seperti kecanduan rasanya. Semenjak aku hamil hingga puteriku lahir dan tumbuh seperti saat ini, kebiasaanku menyantap kelapa hijau tidak pernah hilang.

Aira dan aku yang gemar mengkonsumsi kelapa hijau

Dulu semasa hamil, banyak yang menegur dan menyarankan untuk menghentikan kebiasaan minum kelapa hijau saat janin masih berusia muda. Mitosnya, kalau rahim tidak kuat dapat mengakibatkan sang janin keluar lagi alias keguguran karena licin yang ditimbulkan oleh air kelapa hijau tersebut. Larangan itu akan bebas bila usia kandungan setidaknya sudah lebih dari empat bulan. Lepas dari benar atau tidak, aku tetap saja mengkonsumsinya dan yakin bahwa semua itu hanyalah mitos belaka dan kehidupan sebuah janin bukan terletak pada apa yang kita makan, namun atas campur tangan Tuhan.


Terbukti selama awal kehamilan, tak ada keluhan signifikan yang aku rasakan akibat makan kelapa hijau. Aku pun tertarik untuk mengenal lebih jauh tanaman tropis yang satu ini. Dari hasil searching eyang Google, ternyata manfaat tanaman ini banyak sekali. Misalnya saja mengapa kita menjadi segar kembali setelah meminum air kelapa hijau, itu disebabkan adanya kandungan mineral yang berfungsi sebagai pengganti ion tubuh. Buah ini juga digunakan sebagai bahan pengobatan dan kecantikan.

Dari segi pengobatan, air kelapa hijau dapat memperlancar pengeluaran air seni, dan mengatasi dehidrasi. Selain itu, Ia juga dapat mengatasi gangguan pencernaan, sembelit, disentri, panas dalam, penetral racun, demam berdarah, membantu sistem kekebalan tubuh, dan pengatur tekanan darah.  
Sedangkan manfaatnya untuk kecantikan yaitu, air kelapa hijau mampu membantu menurunkan berat badan,  menghilangkan jerawat, noda-noda hitam pada wajah, kulit kering, mencegah kerutan, menghaluskan kulit wajah hingga terlihat berseri-seri, serta mencegah timbulnya rambut beruban.
Sementara untuk anak Batita, air kelapa hijau sangat aman dikonsumsi. Dapat menghilangkan gangguan cacing dalam perut dan sangat baik ­sebagai asupan makanan anak. Kandungan vitaminnya pun beragam dimana vitamin C lebih dominan. Selain vitamin, terdapat pula kandungan asam folat, zat besi, kalsium dan enzim.


Mengetahui manfaatnya, membuatku semakin gemar  mengkonsumsi air kelapa hijau yang nikmat itu. Dari sebuah tanaman, semua organ dapat digunakan  mulai dari buah, air, batang, akar, daun, batok, semuanya. Setidaknya, ada satu hal yang aku tangkap bahwa dari satu tanaman saja, Ia mengajarkan seribu manfaat hingga keberadaannya berguna untuk khalayak ramai dan itu memberiku inspirasi tentang arti berbagi, mencintai, berkorban dan berbuat baik sekecil apapun.

Jadi, apakah kalian penggemar air kelapa hijau? Kesegaran yang ditawarkan mampu mengalahkan softdrink manapun. Seggaaarrrrr…. ***


Sumber : http://duniabaca.com/berbagai-manfaat-air-kelapa-muda-bagi-kesehatan.html,
http://www.eocommunity.com/showthread.php?tid=21346

No comments:

Post a Comment

BESTIE

Dari sekian banyak teman yang saya miliki, mungkin hanya satu sosok manusia ini nih yang paling nge-klik. Sebab, cuma dia yang berani bicara...