Friday 28 December 2012

SETIAP ORANG ADALAH DESAINER

Review- Materi I Desain Grafis
Senin, 19 November 2012




Setiap orang adalah desainer. Ungkapan itu memiliki arti bahwa setiap kita memiliki kemampuan untuk mendesain. Tanpa disadari, mungkin dari kita ada yang sering menempel-nempel gambar di suatu bidang entah dinding kamar, kertas karton besar, kayu triplek, strowboard, dan sebagainya. Ada pula mungkin yang senang memilah milih warna cat dan bermain warna dalam memadukannya saat mengecat rumah. Atau mungkin ada juga yang terbiasa mencorat-coret buku tulis dengan berbagai gambar, jenis tulisan variatif, dll disela-sela mendengarkan guru yang menerangkan pelajaran/saat seminar sedang berlangsung. Tahu tidak, kalau semua itu adalah pekerjaan desain.

Pada umumnya seorang desainer grafis bekerja pada perusahaan percetakan, penerbitan, foto studio, biro iklan, production house, cutting sticker, komikus/ilustrator, game animasi, image setting, desain packaging, dan lain-lain. Namun, bukan berarti bahwa desainer grafis hanya terpaku pada perusahaan-perusahaan tersebut. Karena selain di perusahaan, mereka pun bisa membuka usaha sendiri baik sebagai pengusaha jasa desain, maupun sebagai tutor/pengajar.   

Nah, sebenarnya apa sih desain grafis itu? Desain grafis dapat diartikan sebagai proses pemikiran yang dituangkan dalam gambar dan warna.  Desainer grafis memerlukan wawasan yang luas dari disiplin ilmu lain. Sebab, pada dasarnya seorang desainer adalah problem solver sekaligus pengambil keputusan.

Adapun komponen dalam desain grafis, yaitu :
Garis
Sekumpulan titik yang dideretkan secara memanjang. Terdiri dari garis lurus horisontal, vertikal, diagonal, dan kurva.
Bentuk
Garis-garis yang tersusun sedemikian rupa dan memiliki arti tersendiri yang terdiri dari 2 dimensi dan 3 dimensi.
Warna
Sebentuk obyek yang berasal dari pantulan gelombang cahaya dengan panjang gelombang yang berbeda.
Ilustrasi/gambar
Sebuah bentuk yang terbagi berdasarkan metode handmade/manual dan computerized.
Huruf/tipografi
Seni memilih dan menata huruf/font pada sebuah media/ruang untuk menciptakan kesan tertentu. Adapun jenis-jenisnya terbagi dalam kategori : Sans serif (huruf tanpa kait/bertangkai), serif (huruf berkait), script (huruf tulis), dekoratif, dan monospace.
Ruang/space
Sebuah media yang memiliki ukuran sehingga akan terasa jauh-dekat, tinggi-rendah, pajang-pendek, kosong-padat, besar-kecil, dll.

Dalam desain grafis, agar terlihat menarik komponen-komponen tersebut mengalami berbagai tahap pengerjaan/proses seperti retouch, editing, effect, dan lain-lain dengan mengacu pada prinsip-prinsip dasar desain antara lain :
Keseimbangan
Keserasian/harmoni
Proporsi dan skala
Irama
Serta kesatuan

Jenis Warna di komputer :
Ada banyak sistem warna di dunia komputer grafis, antara lain :
RGB (Red Green Blue)
CMYK (Cyan Magenta Yellow Black)
HLS (Hue Lightness Saturation)
LAB Color (Lightness A (green-red axis) B (Blue-yellow axis))
RGB Hexadecimal

Software yang biasa dibutuhkan dalam desain :
Adobe, seperti Photoshop, Indesign, Ilustrator, Flash, dreamweaver, dll.
Corel Draw
Freehand
3d Max
Pagemaker
Dll.

Nah, itu sekilas penjabaran dasar-dasar desain. Mungkin terkesan teoristis namun setidaknya bisa dijadikan sedikit wacana ya, Moms...


Sumber :
Buku Computer Graphics Design, Hendi Hendratman, ST, penerbit Informatika, cetakan Oktober 2006.
Buku Desain Brosur dan Majalah dengan Adobe Indesign, Ariesto Hadi Sutopo, Penerbit PT Elex Media Komputindo, Desember 2006.


5 comments:

  1. mba Trance, saya belum punya software design nya. kemarin yang diinbox itu kok setelah di download, gak ada isinya dan filenya jadi VLC. duh gak ngerti sayah...:-)

    ReplyDelete
  2. Bentar, mak... Aku cek lagi ya...

    ReplyDelete
  3. Boleh minta alamat emailnya gak, mak? Aku kirim via email aja, gimana?

    ReplyDelete
  4. Untuk download software indesign portablenya bisa dibuka di link di postingan atas setelah postingan tutor ini ya mak...

    ReplyDelete
  5. Mbak, saya ingin mendownload software Indesign portablenya, tapi tak bisa dibuka di link ini. Bisa bantu tidak? Terima kasih

    ReplyDelete

BESTIE

Dari sekian banyak teman yang saya miliki, mungkin hanya satu sosok manusia ini nih yang paling nge-klik. Sebab, cuma dia yang berani bicara...