Thursday 27 December 2012

SEPEDA BARU UNTUK SI KECIL

Sudah beberapa bulan yang lalu aku dan suami merencanakan ingin membeli sepeda roda empat untuk Aira. Namun setiap kali ada uang lebih dari hasil project desain, selalu saja dipakai untuk pengeluaran yang lain. Sampai-sampai saat mamaku menginap di rumah, mama menanyakan padaku sebuah pertanyaan, 
"Teh, kok Ila ngomong 'tepedah mbay, tepedah mbay terus. Emang Ila minta sepeda?" Tanya mama. 
Aku tersenyum sesaat, "Iya, ma. Setiap lihat teman-temannya naik sepeda, kaka Ila merengek minta naik. Kadang suka dikasih pinjam sama temannya, tapi lebih sering nggaknya. Kalau sudah begitu, Ila langsung ngerebut, alhasil temannya nangis." Tuturku menceritakan.
"Kenapa nggak dibeliin sepeda atuh? Masa' iya nggak kebeli? Nggak usah yang bermerek. Anak kecil mah belum ngerti merk." Seloroh mama.
"Bukannya nggak kebeli, ma. Tapi setiap ada uang lebih, malah dipakai untuk keperluan lain." Ujarku lagi.
"Itu mah namanya nggak sayang anak. Buat skala prioritas dong. Kalau ngerasa itu lebih penting, pasti didahulukan." Tandas mama. 
"Bukannya nggak sayang, ma... tapi kita mikirnya apa sepeda itu dirasa sudah termasuk kategori barang penting atau tidak buat kaka Ila. Sebab kita nggak mau manjain kaka Ila dengan selalu membelikan apa yang dipintanya. Khawatir saat ia besar jadi anak manja, egois dan nggak mandiri." Sanggahku menjelaskan pada mama. 
"Yah, kasihan aja lihat Ila ngerengek sepeda tiap lihat temannya lagi ngegoes." Seru mama.
"Kalau sudah merengek, dikasih tau saja, ma. Kaka Ila sudah ngerti kok kalau dibilangin suruh sabar. Nanti kalau sudah waktunya pasti juga dibelikan kok. " Tuturku lembut pada mama.    

Aku dan suami memang sudah merencanakan membelikan sepeda, tapi untuk membeli barang tertentu, dibutuhkan pemikiran panjang agar barang yang dibeli memang karena dibutuhkan dan bukan untuk pamer semata. Itu juga sebabnya mengapa suami baru akhir-akhir ini membeli telepon genggam baru karena memang merasa sudah saatnya membeli setelah telepon genggam yang lama rusak akibat ikut tergiling di mesin cuci. Bahkan sebelum membeli handphone, suami melakukan survei panjang terlebih dahulu melalui googling agar tak asal membeli barang. 

Tiba-tiba sore itu, ketika suami pulang dari tempat klien, ia membawa bingkisan di belakang jok motor yang terikat rapi dengan tali rapia hitam. 
"Assalamu alaikum. Ma, minta tolong ambilkan gunting dong." Pintanya begitu tiba di depan pintu. 
Agak heran aku keluar rumah untuk memastikan mengapa suami minta diambilkan gunting. Dan ku lihat sebuah sepeda kecil berwarna pink bertengger di atas motor. Buru-buru aku lari ke dapur untuk mengambil gunting. Mama ku yang melihat sepeda itu langsung berbinar-binar matanya. Nampaknya beliau senang. 
"Aih, cantik banget sepedanya. Aira pasti suka deh." Ujar mama sambil mengelus-elus sepeda mungil itu. Aku pun ikut senang melihat pilihan suami. Biasanya, ia paling payah kalau memilih barang untuk perempuan.     Tapi kali ini pilihannya patut aku hadiahi ciuman. (Upss...)




Dan benar saja, begitu Aira bangun dari tidurnya, dilihatnya sepeda pink yang dipajang di depan tv. Ia langsung memburu sepeda itu dan menaikinya. Ternyata ia juga sudah bisa menggoes walau kadang dikayuh mundur. Hahaha... aku, suami dan mama tertawa melihat aksinya. Aira begitu terlihat senang, bahkan sampai waktunya tidur malam pun ia masih saja asik mengayuh sepeda barunya. 

Dirawat baik-baik sepedanya, ya sayang. Mama dan bapak nampaknya harus memberimu kecupan hangat karena sudah sabar menunggu hadiah yang kamu inginkan. Setidaknya, mama dan bapak ingin mengajarimu sejak dini bahwa segala sesuatu yang kamu inginkan tidaklah didapat dengan mudah begitu saja. Dibutuhkan usaha, kerja keras dan doa untuk memilikinya. Agar kamu kelak lebih bisa menghargai segala sesuatu yang kamu miliki. Luv U, my little angel...   
         

2 comments:

  1. hihihi sama donk dengan azzam, baru dibelikan sepeda.mungkin seusia azzam dan aira suka ikut-ikutan,kepengenan.tapi setelah dibelikan juga gak sering dipakai :D

    http://kisahlita.blogspot.com/2012/12/sepeda-baru-azzam.html

    ReplyDelete
  2. Iya, bund. Kayaknya bener deh. Malah yang ada, jadi barang rebutan sama teman-temannya. Hehehe...

    ReplyDelete

BESTIE

Dari sekian banyak teman yang saya miliki, mungkin hanya satu sosok manusia ini nih yang paling nge-klik. Sebab, cuma dia yang berani bicara...