Thursday 20 December 2012

GATHERING WITH MEAD JOHNSON

Ketika mengintip grup Kumpulan Emak-emak Blogger, ups... ada info gathering Mead Johnson disana. Dengan semangat '45 langsung daftar dan colek Makmin. Ibu mana sih yang rela ketinggalan dengan event bagus ini? Karena seat yang disediakan terbatas, jadi dulu-duluan deh. Siapa cepat, dia dapat. Tapi ngga pakai sikut-sikutan lho. Hehehe...

Siang itu, 29 November 2012, acara yang berlokasi di Plaza Indonesia lantai 4 exhibition Hall ini seharusnya dimulai pukul 14.00 wib. Namun terpaksa mundur karena peserta yang hadir baru sedikit. Setelah menunggu beberapa lama, barulah ajang sharing dibuka. 

Dengan diisi oleh 3 orang pakar ahli di bidang masing-masing yaitu Bapak Cecep Fathoni selaku External and Medical Affairs Director Mead Johnson Indonesia, Dr. Dwi Putro Widodo, SpA selaku Dokter spesialis syaraf, dan Ibu Emilia Achmadi sebagai pakar nutrisi anak, acara berlangsung dengan lancar dan interaktif. 






Dalam pembahasannya, isu yang diangkat yaitu mengenai "The Golden Years". Yaitu suatu masa emas dalam pertumbuhan dan perkembangan otak anak pada periode 3 tahun pertama atau 1365 hari. Periode ini dikatakan periode kritis karena terjadi hanya sekali seumur hidup dan tak akan terulang lagi. Periode ini pula yang sangat berpengaruh dalam menentukan pertumbuhan otak anak

Dalam buku The Golden Years - Nakita, panduan Tumbuh Kembang Anak, dikatakan bahwa ada 6 tahapan perkembangan otak, yaitu :
  1. Tahap ke 1 (Usia kehamilan 3-4 minggu), terjadi pembentukan lempeng, tabung dan sel-sel syaraf. Jika pada masa ini terjadi kelainan ataupun gangguan, mengakibatkan jaringan otak tanpa terbungkus tulang kepala. 
  2. Tahap ke 2 (Usia kehamilan 2-3 bulan), pembentukan struktur-struktur jaringan otak. Gangguan yang terjadi mengakibatkan kelainan pada bentuk daerah sekitar wajah. 
  3.  Tahap ke 3 (usia kehamilan 3-4 bulan), sel-sel jaringan otak semakin banyak dan besar. Gangguan yang terjadi pada masa ini mengakibatkan gangguan motorik, penglihatan, ataupun pendengaran. 
  4. Tahap ke 4 (Usia kehamilan 3- 5 bulan), sel-sel yang jumlahnya bertambah dan membesar, mengalami perpindahan tempat sesuai tujuan fungsi masing-masing sel. 
  5. Tahap ke 5 (Usia kehamilan 5 bulan-beberapa tahun setelah bayi lahir), sel yang berpindah tempat tersebut akan berfungsi lebih baik. Kelainan yang terjadi pada fase ini mengakibatkan anak mengalami retardasi mental, atau normal namun tidak pintar.  
  6. Tahap ke 6 (Mulai lahir-anak berusia beberapa tahun), tahap ini disebut mielinisasi. 


Pertumbuhan dan perkembangan otak anak berlangsung sejak trimester ke-3 kehamilan hingga anak berusia 3 tahun. Masa ini merupakan masa dimana perkembangan otak sangatlah cepat. Bermula dari hari ke-16 setelah terjadinya pembuahan. Lalu, memasuki minggu ke-25 hingga 2 tahun terjadi kembali pertumbuhan pesat pada otak dimana sel-sel syaraf otak semakin membesar, membentuk cabang-cabang, dan saling terhubung hingga membentuk jutaan bahkan trilyunan koneksitas yang berfungsi terhadap pengolahan rangsangan, pusat pengendalian, daya ingat, dan sebagai wadah simpanan informasi yang diterima si kecil dari hasil pengenalannya terhadap dunia.

Dikatakan pula bahwa 3 hal yang mempengaruhi terhadap perkembangan otak anak mencakup faktor genetik, nutrisi dan stimulasi. 
Faktor genetik ialah faktor pembawa gen kedua orangtua. Bisa dikatakan, faktor genetik tidak bisa diubah atau bersifat permanen. Sementara untuk nutrisi dan stimulasi, orangtua dapat mengoptimalkan kebutuhan untuk perkembangan otak di kecil. 
Misalnya, sebagai orangtua khususnya ibu sebaiknya memerhatikan benar setiap asupan nutrisi anak. Kandungan yang umumnya dibutuhkan sejak dalam rahim adalah asupan yang mengandung protein, omega 3, kolesterol, Na, K, Cl, Ca, Fe, B Complex, dan Collagen. Nutrisi ini terdapat pada susu, kacang-kacangan, daging, ikan tuna/sardin segar, alpukat, brokoli, telur, ubi merah, bit, wortel, pisang, dsb. 
Selain itu, takaran tepat untuk balita setiap harinya adalah sebagai berikut :
  • Susu, takaran penyajian 4x sehari 1/2 gelas/120 cc.
  • Daging/alternatif lainnya, takaran penyajian 2x atau lebih perhari 30-60 gr. 
  • Buah-buahan dan sayur mayur, takaran saji 4x atau lebih/hari 2-4 sdm.
  • Gandum, roti, beras dan sejenisnya, takaran saji 4x atau lebih/hari 1/2 iris/2 sdm.
Asupan gizi yang kurang mengakibatkan lambatnya perkembangan otak, mengurangi jumlah siklus replikasi sel, dan menghambat hubungan antarsel. Sementara asupan gizi yang baik membuat kuat hubungan antarsinaps sel-sel di otak, yang berfungsi membuat anak cerdas dalam menerima dan menyampaikan pesan yang diperolehnya. Selain itu, nutrisi yang sesuai dengan tumbuh kembang anak berfungsi dalam mendukung perkembangan motorik, berbicara, emosional, logika, sosial, dan bahasa anak. 

Untuk itu, Mead Johnson, sebuah perusahaan internasional terkemuka berbasis ilmiah dalam nutrisi bayi dan anak-anak hadir dan terus berinovasi dalam mendukung para ibu memberikan nutrisi dan stimulasi yang optimal. Salah satunya yaitu mengeluarkan produk Enfagrow A+. Produk ini memiliki program Enfa Smart System yang terdiri dari :
  • Smart Nutrition (mengenai pemberian nutrisi tepat)
  • Smart Stimulation (Pemberian stimulasi yang tepat)
  • Smart Nurturing (Pemberian kasih sayang dan peran aktif ibu)



Selain itu, Enfagrow A+ mengandung :
Kolin 100mg/100g, yang berfungsi sebagai bahan pembentuk fosfatidilkolin, yaitu bagian penting dari membran sel.
LA 380mg/100g dan ALA 140mg/100gr, yaitu Asam Linoleat dan Asam Linolenat yang merupakan asam lemak esensial.
Makronutrien dan Mikronutrien, berfungsi membantu pertumbuhan anak, mengandung protein dan mineral seperti seng, yodium, dan zat besi. 
Prebiotik FOS dan GOS 3g/100g, yang membantu mempertahankan fungsi saluran pencernaan. 
Vitamin C 50mg/100g dan Vitamin E 4,9mg/100g, berperan sebagai antioksidan yang bekerja bersama antioksidan lain terutama Vitamin E. 
Kalsium, berperan sebagai pembentukan tulang dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi.  

Pada penelitiannya, Mead Johnson telah menghasilkan lebih dari 30 studi ilmiah. Salah satunya yaitu mengenai peranan DHA yang dilakukan terhadap bayi dan anak. Apa itu DHA? DHA adalah kepanjangan dari doxosahexaeonic acid yang berperan sebagai penjaga neurotransmitter (pesan) agar pesan tersampaikan dengan sempurna dari sel saraf otak satu ke sel saraf otak lainnya. 
Dari hasil pemberian nutrisi dengan kandungan kadar DHA 17mg/100kkal dan ARA 34mg/100kkal terbukti mampu meningkatkan kemampuan verbal (IQ), kemampuan memecahkan masalah (problem solving), dan meningkatkan mental development index sebanyak tujuh poin pada 3 tahun pertama usia anak.   

Sementara untuk stimulasi/rangsangan, sebaiknya pada anak dilakukan sedini mungkin secara teratur dan bervariasi. Hal ini akan merangsang cabang-cabang sel otak yang baru dan melipat gandakan jumlahnya sehingga antara jaringan sel otak kanan dan kiri lebih kompleks dan kuat. 

Sebagai seorang ibu, dibutuhkan kepekaan yang tinggi dalam merangsang perkembangan anak. Misalnya saat melakukan stimulasi dibutuhkan kasih sayang, perhatian penuh dan situasi yang menyenangkan serta memperhatikan kondisi si kecil.


Foto bersama setelah selesai talkshow

Banyak materi bermanfaat yang dipetik dari hasil gathering tersebut. Setelah batas pembahasan materi selesai, para peserta diajak berkeliling perusahaan Mead Johnson yang terletak di The Plaza Tower, lantai 43. 








Selain berkeliling lokasi kerja, di dalam perusahaan ini juga ada ruang makan yang didesain seperti cafe. Terkesan santai, elegan dan berkelas serta hommy. Benar-benar sebuah perusahaan yang mengedepankan tak hanya kualitas produknya untuk konsumen namun juga memperhatikan suasana kenyamanan kerja bagi para karyawan. Pokoknya, membuat diri berdecak kagum, betah berlama-lama disana, dan rasanya enggan beranjak pulang. 







Disela-sela santap snack dan secangkir kopi karamel yang hangat, dari pihak Mead Johnson melempar beberapa pertanyaan bagi para peserta dengan hadiah-hadiah bervariasi. Acara ini sangat menyenangkan. Tak hanya ilmu baru yang didapat, namun kenyamanan berada di lokasi membuat para peserta betah di dalam kantor walaupun acara sudah selesai. Dan yang paling menyenangkan lagi, ternyata kami pulang tanpa tangan kosong. Masing-masing dari kami dihadiahi goodybag yang menarik. Seperti Lock & lock gift set, 1 dus susu Enfagrow A+ dan 2 buah voucher Baby Gym senilai @ 2,1 juta rupiah. Benar-benar hari yang menyenangkan. 






Tulisan ini diikutsertakan pada lomba blog Mead Johnson 2012.



6 comments:

  1. Seru banget workshop sekaligus kopdar :)

    ReplyDelete
  2. keren riviewnya..,pokoknya hari itu kita happy banget ya?
    oya, fotonya keren2 mak..,seruuu

    ReplyDelete
  3. Iya, suhu Arin. Emang seru banget acaranya. Sampe ngga mau pulang... Hehehe...

    ReplyDelete
  4. Makasih mak Waya. kalo happy mah pasti lha... Hehehehe

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Sama-sama... Makasih Alvin..

    ReplyDelete

BESTIE

Dari sekian banyak teman yang saya miliki, mungkin hanya satu sosok manusia ini nih yang paling nge-klik. Sebab, cuma dia yang berani bicara...