Monday 11 February 2013

DESAIN KARTU UCAPAN


Pernah menerima kartu ucapan dari teman, kerabat, orang terdekat dan terkasih kita? Bagaimana rasanya? Walau saat ini penggunaan smartphone semakin canggih, fitur-fitur pun semakin lengkap, mudah dan unik namun kartu ucapan tetap saja memberi ruang tersendiri bagi si penerima.
Nah, kali ini saya ingin berbagi sedikit tentang mendesain kartu ucapan untuk si kecil yang akan berulangtahun yang mudah untuk diikuti. Simak yuk!

Langkah pertama, open/ aktifkan program software Indesign.


Setting area sesuai keinginan. Kali ini saya memakai ukuran width 150mm dan Height 100mm serta orientation landscape. Sementara margins and columns pada tool layout diatur dengan ukuran top, bottom, inside, dan outside masing-masing 5mm.    



Maka akan nampak tampilan sbb :

Tampilan area desain 

Setelah itu, saya placing salah satu foto si kecil pada area desain di atas, hingga menjadi seperti ini.


Cara placing, pilih tool file>Place>kemudian pilih lokasi image>ok. Setelah itu, pilih salah satu contoh  frame seperti dibawah ini untuk mempercantik foto. Placing sampel frame pada area desain dengan langkah placing yang sama seperti sebelumnya. 


Setelah itu, gabungkan frame dengan foto dan atur ukuran foto menyesuaikan frame yang ada, hingga menghasilkan seperti gambar berikut,

Hasil setelah frame dan foto digabung

Jangan lupa tekan Ctrl G untuk menggabungkan foto dan frame menjadi satu. Untuk melepas ikatannya menggunakan Ctrl shift G, maka image kembali berpisah satu-satu kebentuk awal. 
Langkah berikutnya, buatlah kalimat atau kata-kata yang ingin diucapkan untuk si kecil. Cara membuat kotak kata dengan menggunakan cara sbb : 
Klik Type Tool (T), tekan mouse dan buatlah sebuah kotak kata. Untuk ukuran kotak bisa disesuaikan berdasarkan kalimat. Kemudian, klik kotak tersebut, dan mulailah mengetikkan kata-kata yang ingin anda ungkapkan. Misalnya :

                                                                                                                             
Setelah itu, pilihlah jenis font yang menarik dari tool character formatting control  atau dilambangkan dengan lambang huruf A yang terdapat di sisi pojok kiri atas toolbar. Sementara untuk mewarnai font, caranya pilih tools swatches yang berada di sisi kanan area desain. Dilambangkan dengan kotak seperti papan catur berwarna-warni. Mulailah berekspresi dan mengeksplorasi kemampuan anda. Susun sesuai keinginan. 
Anda bisa menghiasinya dengan menambahkan kotak pada kalimat, seperti contoh dibawah ini,

                            
Untuk merubah bentuk kotak, anda dapat menggunakan variasi pilihan pada kolom type yang terdapat pada tools Stroke disebelah kanan area desain. 


Pada desain ini menggunakan type stroke Japanese Dots. Hasilnya seperti ini,


Untuk mempercantik, saya menambahkan ornamen bunga hingga menghasilkan desain seperti dibawah ini, 
Adapun langkah membuat bunganya, yaitu :
Buat sebuah lingkaran menggunakan ellipse Tool. (L).
Kemudian pada Tool Stroke, pilih weight dengan ukuran 4pt. 
Dengan bentuk/jenis type stroke Wavy.
Jangan lupa beri warna sesuai kesukaan.
Untuk tengah kelopak bunga, menggunakan ellipse tool (L).
Untuk bagian tengah menggunakan ellipse tool juga dengan ukuran lebih kecil dari kelopak. 
Susun bagian-bagian tersebut hingga menyerupai bunga. Jangan lupa untuk menggabungkan semua bagian menjadi satu group dengan cara Ctrl G

  
Maka hasilnya akan seperti ini, 


Untuk bunga yang sudah digroup, jika ingin diperbanyak seperti yang terlihat pada gambar, cukup dengan cara mengaktifkan gambar bunga tersebut, lalu tekan tombol Alt pada keyboard, tahan dengan mouse, seret dan kemudian lepaskan. Atau bisa juga dengan cara meng copy paste. Langkah ini sama-sama untuk menduplikat sesuatu. Sementara untuk mengecilkan ukurannya agar tak terlihat sama, dengan cara menekan Alt Shift Pilih salah satu sudut image dengan mouse. Langkah ini berguna untuk mengecilkan ataupun membesarkan sesuatu. 

Nah, semoga tutorial sederhana ini dapat berguna. Selamat mencoba. 



6 comments:

  1. Keren nih...Harus di coba deh. Softwarenya gratis kan mbak? he he he (penggemar"gratis"forever)

    ReplyDelete
  2. wow kerennn, dapat ilmu baru nihhh!!
    very useful, thanks mbak!!

    ReplyDelete
  3. Softwarenya ada yang gratisan kok Ibunya Hana... Silakan search di mbah Google ya. Ada versi portable nya juga lho...

    ReplyDelete
  4. Makasih bunda Siti Aisah. Sama-sama, semoga bermanfaat yaa...

    ReplyDelete
  5. Makasih mbak Esti Sulistyawan... Silakan dicoba ya, semoga bermanfaat.

    ReplyDelete

BESTIE

Dari sekian banyak teman yang saya miliki, mungkin hanya satu sosok manusia ini nih yang paling nge-klik. Sebab, cuma dia yang berani bicara...