Friday 16 January 2015

BIHUN GODOG

Dokumentasi milik pribadi
Kuliner ini biasanya berada di penjual Bakmie Jogja. Dan penjualnya selalu memiliki aneka menu tak hanya bakmie godog dan bakmie goreng dimana bahan mie nya berwarna kuning. Namun, ada pula menu lainnya seperti nasi magelangan, bihun goreng, bihun Godog, dan nasi goreng spesial. Setiap saya menjambangi tempat favorit saya yang menjual bakmie Jogja, pilihan saya jatuh pada bihun godog. Yaitu sebuah kuliner berbahan dasar bihun yang diolah dengan kuah yang sangat gurih dan segar.
 
Untuk yang tinggal di wilayah Jakarta Barat dan sekitarnya, sempatkanlah mampir ke tempat mungil yang satu ini. Berlokasi di seberang BCA Kemandoran, atau tepatnya di sisi seberang Alfa Midi baru. Tepat di samping rumah makan padang, kamu akan menemukan sebuah tempat makan yang menjual menu ini.
 
Soal keramahan penjual patut diacungi jempol. Karena sepasang suami istri yang memiliki 1 orang putri ini sangat ramah terhadap para pembeli. Tak jarang mereka mengajak berbincang dan berkenalan dengan pengunjung dan akan selalu bertegur sapa bila berpapasan di jalan. Tak hanya itu, hanya dengan dua kali pertemuan, mereka dengan mudahnya menghafal para pembeli hingga mengajak berbincang layaknya tetangga yang sudah kenal sangat lama. Hal itu yang menjadikan para pengunjung tertarik untuk datang dan datang lagi ke tempat itu.
 
Soal rasa, mungkin karena saya terbiasa mencicipi menu ini saat kuliah di Jogja dulu, jadi menurut saya cita rasanya sama seperti di tempat asalnya. Dengan pengolahan mie yang tepat, membuatnya matang dengan sempurna sehingga nikmat saat disantap. Dilengkapi dengan suwiran ayam kampung, irisan daun seledri, bawang goreng, irisan tomat dan ditambah acar serta kerupuk membuat hidangan ini menjadi lengkap. Untuk 1 porsinya kamu cukup merogoh kocek 12ribu rupiah dan dijamin kenyang karena porsinya yang banyak. Sementara itu, kamu juga bisa menambah bahan pelengkap lainnya seperti ceker ayam, kepala, ati ampela, dan lainnya dengan tambahan tarif.
 
Tahukah kamu? Bahwa bihun masuk ke dalam kategori mie. Menurut situs Wikipedia, makanan ini berasal dari daratan China yaitu pada zaman dinasti Han. Mie yang terbuat dari tepung beras ini sangat populer di Singapura untuk dijadikan mie sate kacang atau satay been hoon. Makanan yang tak hanya biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia namun juga penduduk Asia lainnya ini mengandung energi sebesar 360 kkal dalam setiap 100gr nya. Selain itu, bihun juga memiliki kandungan lemak, protein, karbohidrat, kalsium, zat besi, dan vitamin yang baik untuk tubuh. 
 
Nah, semoga bisa bermanfaat untuk kamu-kamu yang membutuhkan referensi kuliner, ya.
Happy nice day. Semoga harimu bahagia sepanjang waktu.

No comments:

Post a Comment

BESTIE

Dari sekian banyak teman yang saya miliki, mungkin hanya satu sosok manusia ini nih yang paling nge-klik. Sebab, cuma dia yang berani bicara...