Friday 16 January 2015

KETUPAT SAYUR PADANG

Dokumentasi milik pribadi
Di tempat saya tinggal, saya menemukan 2 macam ketupat berbeda. Ketupat sayur Betawi dan ketupat sayur Padang. Saya sempat bertanya-tanya dalam hati, memang apa bedanya? Yang saya tahu ketupat sayur itu ya sama saja. Ada lontong, campur sayur kuah pedas, kerupuk, kadang lauk dan gorengan, selesai. Ternyata tidak.
 
Begitu saya membandingkan, ternyata ketupat sayur Padang berisi sayuran yang berbeda dengan ketupat sayur Betawi. Pada makanan lontong Padang ini, kuah sayur gulai berisi buncis dan nangka muda. Berdasarkan informasi dari seorang teman bernama Rahmi Mulyani yang asli Sumatra Barat, ketupat sayur Padang memiliki beragam sayur gulai seperti gulai tauco, gulai cubadak, gulai paku, dan bubua samba.

Gulai paku ialah kuah kuning berbahan dasar daun pakis  dengan memakai bumbu kunyit, cabai hijau serta teri basah atau udang. Sementara gulai cubadak ialah sayur kuah berbahan nangka muda, buncis dan sandung lamur. Sementara bubua samba yang membedakan ialah ketupatnya yaitu dimana ketupat diolah menjadi bubur terlebih dahulu sebelum dijadikan ketupat. Berbeda halnya dengan khas Betawi yang terdiri dari pepaya muda/labu siam dan kacang panjang.
 
Sementara untuk lauknya, ketupat sayur Padang yang saya jumpai menyediakan telur balado, berbeda dengan ketupat sayur Betawi yang menyertakan semur jengkol, tahu tempe semur, dan telur pedas.
 
Kerupuk yang digunakan pun berbeda. Bila ketupat sayur Betawi memakai kerupuk putih/kerupuk udang, sementara khas Padang memakai kerupuk merah. Kerupuk ini mirip dengan kerupuk yang biasa dijual di wilayah Puncak Bogor dan sekitarnya yang disebut kerupuk melarat karena di masak menggunakan pasir bukan minyak pada umumnya (CMIIW).
 
Bagi yang tinggal di sekitar Palmerah, bisa menikmati ketupat sayur Padang ini di daerah Pasar Bintang Mas. Untuk 1 porsi dihargai 6000 rupiah dan 8500 rupiah dengan tambahan telur balado. Sebaiknya tambahkan sambal agar menghasilkan cita rasa yang lebih nikmat. Karena kuah gulai ketupat ini tidaklah pedas. Sementara bagi yang ingin merasakan ketupat sayur Padang bubua samba, silakan mampir ke masjid Sunda Kelapa pada setiap hari minggu.

No comments:

Post a Comment

BESTIE

Dari sekian banyak teman yang saya miliki, mungkin hanya satu sosok manusia ini nih yang paling nge-klik. Sebab, cuma dia yang berani bicara...