Thursday 14 March 2013

SEBUAH NAMA SEBUAH CERITA


Nama adalah sebuah identitas yang diberi oleh si pemberi nama. Entah apakah nama itu bentuk sebuah doa, kasih sayang, cinta atau hanya sebuah nama tanpa makna. Dewasa ini, banyak beredar situs di mesin pencarian yang memuat tentang arti nama, mencari nama baru yang baik dan indah secara cuma-cuma alias gratis. Bahkan, ada juga jasa konsultan nama bagi para pasangan yang sedang mencari-cari nama terbaik bagi buah hatinya. Mulai dari :
www.armitaconsultant.com, 
thedomainfo.com/nama/nama_bayi, 
namanakbayi.com, 
ahlifengshui.wordpress.com, 
webinfo.reformal.ru/namabayiunik.com, 

dan masih banyak lagi lainnya yang tersebar di mesin pencarian.Setidaknya ada sekitar 327,000 hasil dalam kurang dari setengah menit.



Suami pun gencar-gencarnya memberi sebuah identitas padaku. Sebuah nama yang mulanya hanya untuk nama akun di dunia maya saja. Trance Taranokanai. Nama ini pemberian suami padaku sekitar 5 tahun silam. Saat itu, kami belumlah menikah. Hubungan kami pun masih sebatas persahabatan. Saat itu, suami (yang belum berstatus menjadi suami) memberikan nama itu padaku tanpa memberi tahukan apa artinya. Sedang aku merasa, nama itu terdengar unik dan indah. Maka, aku mulai memakai nama tersebut. Tiba-tiba Tuhan menakdirkan kami menjadi sepasang suami isteri. Dan setelah kami resmi menikah, aku mulai tergelitik untuk mengetahui artinya. Ternyata, sebuah nama yang mengandung arti yang sangat sederhana. Trance merupakan singkatan dari Tara dan eRCe (Ronggo Cinde-panggilan suami sejak jaman sekolah). Sementara Taranokanai adalah gabungan kata dari bahasa Jepang. No=kepunyaan/milik, sedangkan kanai=isteri. Jadi, Taranokanai yaitu Tara isteriku. Simpel bukan? Walau terdengar sederhana, namun mengandung arti besar bagiku. Sebuah nama atas dasar pengakuan dan identitas. Sementara bagi suamiku, nama itu adalah bermula dari sebuah doa. Sebuah pengharapan bahwa suatu ketika aku bisa menjadi pasangan hidupnya. Dan see? Doa itupun terwujud.

Nah, itu kisahku. Apa kisahmu?   

5 comments:

  1. Trance itu artinya tenang mbak...dari buku yang aku baca, duh lupa judulnya. gak tau itu dari bahasa mana...btw, lah nama aslinya sapa mbak? he2.

    ReplyDelete
  2. Wah, masa sih mbak Nunung? Saya malah baru tahu. Hehehe... Hayo-hayoo... siapa nama asli saya? Hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul, trance artinya tenang. belum ketemu nih bukunya. udah mulai pikun. btw, ha ha...nyerah, kok jadi main tebak-tebakan?

      Delete
  3. Wah terjawab sudah ,.gak jd dong pulsanya yah ...hehe ..name asli AIRA PASA kalleee hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe...Aku bikin kuis di status sendiri aja nanti. Hahaha... Aira Ciera Pasa itu nama anakku. Hayoo, siapa nama asliku? Hehehe,,,

      Delete

BESTIE

Dari sekian banyak teman yang saya miliki, mungkin hanya satu sosok manusia ini nih yang paling nge-klik. Sebab, cuma dia yang berani bicara...