Tuesday 11 August 2015

SAAT AKU TIDAK MELIHAT

Dokumentasi Pribadi
Adakah para bunda di sini yang mengalami kesulitan saat anak malas disuruh mengerjakan peernya? Atau anak susah sekali diminta merapikan kembali bekas mainannya? Untuk anak di usia TK ke bawah atau bisa juga untuk usia 5tahun ke atas, bisa mencoba lho cara ini. Saya dapatkan dari buku panduan untuk orangtua terbitan Erlangga yang diberikan pihak sekolah anak saya KBTK ALAbriya.

Saya memainkan permainan 'saat aku tidak melihat' untuk mengajak anak saya membereskan kembali buku-buku yang sudah dibacanya dan membuat ruangan menjadi berantakan. Saat diminta merapikan, anak saya menolak dan malah menyuruh mamanya yang membereskan. Nah, kondisi seperti ini cukup membuat kesal bukan.

Dan saya pun mulai menerapkan apa yang tertulis di buku itu tentang permainan 'Saat aku tidak melihat'.
Saya berkata pada anak saya bahwa ia harus membereskan kembali buku-buku yang sudah selesai dibacanya ke tempat semula. Dan saya katakan bahwa saya akan mengajaknya bermain tutup mata. Ketika saya menutup mata dan sambil menghitung 1 hingga 10, buku-buku yang bertebaran harus sudah dikembalikan di buffet buku. Dalam hitungan ke- 10 dan saat saya membuka mata, semua harus sudah selesai.

Ternyata, anak saya sangat menyukai permainan ini. Ketika saya mulai menghitung, ia bergegas membereskan buku-buku itu. Dan saat hitungan 10 selesai, saya menanyakan padanya, apakah mata saya sudah bisa dibuka karena ia sudah selesai merapikan? Ia pun meminta waktu hitung lagi karena belum selesai semua. Dan begitu seterusnya hingga semua selesai ditata.

Bunda bisa menerapkan cara ini untuk aktivitas yang lain juga lho. Cara ini terbilang efektif karena anak diajak belajar disiplin tanpa rasa tekanan karena menggunakan cara yang disukai anak. Nah, selamat mencoba ya, bunda.

‪#‎parenting‬ ‪#‎bermaindisiplin‬ ‪#‎belajarsambilbermain‬ ‪#‎caraefektif‬ ‪#‎mendidikanak

4 comments:

  1. Heboh banget pasti ya beres2nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang pastinya menyenangkan sekali, mak Lusi..

      Delete
  2. saya belum pernah cobain cara itu. Tapi pengalaman saya juga mengajarkan anak-anak memang paling efektif kalau sambil bermain. Mereka merasanya bermain, padahal sebetulnya lagi mengerjakan sesuatu hehe

    ReplyDelete

BESTIE

Dari sekian banyak teman yang saya miliki, mungkin hanya satu sosok manusia ini nih yang paling nge-klik. Sebab, cuma dia yang berani bicara...